Siaran Pers Nomor 194/PPID/C/VI/2013
Sekda Muba Lepas 115 Peserta Didik Kelas XII SMAN 2 Sekayu

Rabu, 05 Juni 2013
Telah 220 kali dilihat

SEKAYU - Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Sohan Majid MM, memberikan apresiasinya terhadap prestasi yang telah diraih siswa-siswi kelas XII SMAN 2 Sekayu yang lulus seratus persen. Bahkan dari 115 siswa kelas XII yang dilepas 89 orang diantaranya atau 77% telah diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes, diantaranya di Universitas Sriwijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Pajajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Jendral Soedirman, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Sunan Kalijaga, Universitas Lampung dan Universitas Bengkulu. Mereka diterima di berbagai Fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Kedokteran, Ekonomi, Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknik, dan Pertanian.

Kepada Dewan Guru yang sudah dengan sabar mendidik dan membimbing generasi muda Musi Banyuasin agar menjadi generasi yang berkualitas, diucapkan terima kasih.

Apresiasi tersebut disampaikan Sekda saat mewakili Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari, melepas peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Sekayu angkatan XIV Tahun Pelajaran 2012-2013 di Opproom Pemkab Muba ditandai dengan pengalungan Gordon kepada perwakilan siswa.

Menurutnya, siswa SMAN 2 Sekayu yang diterima di Perguruan Tinggi tanpa tes, merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pemkab Muba, karena pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan bangsa. Namun, tantangan masa depan jauh lebih kompleks, persaingan juga semakin berat terutama dalam dunia kerja, untuk itu harus dibekali dengan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, kepada seluruh siswa kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah harus mempersiapkan diri dengan baik guna mewujudkan cita-cita.

“Kepada para siswa yang telah diterima di Perguruan Tinggi, belajarlah dengan sungguh-sungguh, dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya. Pemkab Muba juga terus komitmen memajukan sektor pendidikan bersinergi dengan DPRD Muba guna mendukung terwujudnya visi Permata Muba 2017,” jelas Sohan.

Kepala SMAN 2 Sekayu, Dra. RR. Mini Sari Wulan M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Muba atas komitmen dan bantuan yang telah diberikan dalam memajukan dunia pendidikan Kabupaten Muba. Bentuk nyata dukungan tersebut selain mengalokasikan dana pendidikan diatas 20% dari total APBD, adalah dengan diberikannya bantuan kendaraan operasional sekolah oleh Bupati Muba H Pahri Azhari pada peringatan hari pendidikan nasional beberapa waktu lalu,” ujar Roro.

Kabag Humas Setda Kabupaten Muba, Dicky Meiriando SSTP MH menambahkan, kegiatan penglepasan siswa ini merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada acara pengelepasan siswa tersebut lima orang siswa kelas XII tampil membawakan pidato dalam lima bahasa yaitu, Bahasa Sekayu (bahasa daerah), Bahasa Inggris, Arab, Jepang dan Indonesia, serta dihibur dengan penampilan tari dan paduan suara SMAN 2 Sekayu. Acara penglepasan berjalan lancar dan tertib, turut dihadiri Perwakilan Dinas Diknas Kabupaten Muba, Komite Sekolah, tokoh masyarakat dan para wali murid.

( Penulis: Ria Permata Sari, Foto: Andrie Juniarta )

Komentar