Siaran Pers Nomor 170/PPID/C/V/2013
BPAD Kabupaten Muba Gelar Promosi Perpustakaan

Senin, 20 Mei 2013
Telah 237 kali dilihat

SEKAYU - Dalam rangka menumbuhkembangkan minat dan budaya baca di kalangan masyarakat khususnya generasi muda, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Perpusatakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD), mengadakan kegiatan promosi perpustakaan, yang dibuka oleh Bupati Musi Banyuasin diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kabupaten Muba Drs H Yuliansyah MM.

Dalam sambutannya Asisten III Drs H Yuliansyah MM mengatakan, “Pemkab Muba sangat mendukung terselenggaranya kegiatan Promosi Perpustakaan yang diselenggarakan BPAD Muba, karena pada kesempatan yang sama juga diadakan berbagai perlombaan untuk pelajar dan pelatihan untuk para guru dengan tim juri penilai lomba serta narasumber pelatihan dari Perpustakaan Nasional, Badan perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan, Dosen Universitas Sriwijaya, dosen STIE Rahmaniyah dan dari DWP Kabupaten Muba. Untuk itu melalui kegiatan promosi perpustakaan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di kalangan generasi muda Kabupaten Muba dalam mendukung terwujudnya Penguatan Ekonomi Kerakyatan, Religius, Mandiri, Adil, Terdepan, Maju Bersama (PERMATA MUBA) 2017” ujarnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Promosi Perpustakaan menurut Kepala BPAD Muba Dewi Kartika SE MSi adalah untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta perpustakaan, menarik minat baca serta kecintaan anak terhadap buku-buku cerita budaya daerah, sejarah dan pahlawan, serta mencetak generasi muda yang gemar membaca, cerdas, kreatif, inovatif, berwawasan luas dan berakhlak mulia, guna mendukung tercapainya visi Permata Muba 2017.

Kegiatan promosi perpustakaan ini juga merupakan implementasi UU No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, yang menyatakan bahwa pemerintah berkewajiban menggalakkan promosi gemar membaca dan pemanfaatan perpustakaan.

Kabag Humas Setda Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH mengatakan, kegiatan promosi perpustakaan dilaksanakan mulai tanggal 20-24 Mei 2013 yang dipusatkan di halaman Badan Perpustakaan Daerah Muba, didukung dengan berbagai kegiatan, meliputi pameran buku, pelatihan bimbingan teknis karya ilmiah dan berbagai perlombaan.

Kegiatan pameran buku dilaksanakan di halaman BPAD Muba dan wisma atlet Sekayu dari pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 21.00 wib diikuti 16 peserta terdiri dari stand penerbit, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Diknas Muba, serta BPAD Muba. Disamping itu juga dilaksanakan pelatihan story telling bagi guru SD dan SLTP diikuti 60 orang peserta, bimbingan teknis (bimtek) penulisan karya ilmiah bagi guru Bahasa Indonesia tingkat SLTA diikuti 60 orang peserta, lomba pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat SLTA diikuti 60 orang peserta, dan lomba mendongeng tingkat SLTP diikuti 60 peserta.

Acara ini terlaksana berkat dukungan dan apresiasi dari Pemkab Muba, DPRD Muba, TP PKK dan DWP Muba, para penerbit dan berbagai komponen masyarakat yang memiliki perhatian dan respons yang baik terhadap perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca.

( Penulis: Ria Permata Sari, Foto: Andrie Juniarta )
Berita terkait :

Komentar