Siaran Pers Nomor 165/PPID/C/V/2013
BAPPEDA Muba gelar Bimtek Penyusunan Indikator Kinerja Program dan Kegiatan

Rabu, 15 Mei 2013
Telah 301 kali dilihat

SEKAYU - Bupati Musi Banyuasin yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kabupaten Muba Drs H Yuliansyah MM, membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Indikator Kinerja Program Dan Kegiatan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Muba. Kegiatan ini merupakan program Bidang Evaluasi Dan Pengendalian Pembangunan BAPPEDA Kabupaten Muba.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan bimtek ini adalah, untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar dapat menentukan ukuran keberhasilan kinerja program dan kegiatan yang direncanakan dalam dokumen perencanaan di masing-masing SKPD, agar dapat meningkatkan kualitas dokumen perencanaan SKPD sehingga program dan kegiatan yang dilaksanakan hasilnya benar-benar bermanfaat dan menyentuh masyarakat, dan agar dapat menyajikan laporan pelaksanaan kegiatan dengan benar secara administrasi dan substansi.

Asisten III Drs H Yuliansyah MM dalam sambutan mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan suatu organisasi / instansi diperlukan tolak ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui keberhasilan SKPD dalam mencapai tujuan/sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan sebelumnya, sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan kedepan. Alat tolok ukur tersebut dapat berupa Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dapat diimplementasikan dalam perencanaan jangka menengah, perencanaan tahunan, penyusunan dokumen penetepan kinerja, pelaporan akuntabilitas kinerja, evaluasi kinerja pemerintah serta pemantauan dan pengendalian kinerja pelaksanaan program dan kegiatan-kegiatan. Untuk itu kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan bimtek dengan serius agar sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai,” ujarnya.

Menurut Kabag Humas Setda Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH, kegiatan Bimtek diikuti 65 orang peserta yang terdiri dari 43 perwakilan SKPD masing-masing 1 orang, 6 SKPD masing-masing 2 orang dan 10 bagian masing-masing 1 orang. Dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15-16 Mei 2013 di Aula BAPPEDA Muba, dengan pemateri dari perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Selatan. Materi yang disampaikan meliputi internalisasi IKU Pemda Kabupaten Muba pada SKPD, workshop penyusunan IKU pada SKPD, workshop penyusunan indikator kinerja program dan kegiatan pada SPKD, sistem pengendalian evaluasi dan pelaporan pelaksanaan rencana pembangunan daerah kabupaten Muba dan latihan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan.

( Penulis: Ria Permata Sari, Foto: Andrie Juniarta )

Komentar